• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    cara membuat web menggunakan aplikasi mobirise


    Lebih dari 60 % pengguna internet di Indonesia menggunakan smartphone / handphone untuk mengakses  sebuah blog atau website. Jadi bagi anda yang biasa berbloging ria atau berjualan online via smartphone, ada baiknya gunakan aplikasi Mobirise yang husus dirancang buat  smartphone dan tab  yang bisa di gunakan sebagai aplikasi pembuat web.  Selain itu, bila anda sudah punya blog dengan menggunakan  worpress atau blogspot dan  ingin mengisi konten di aplikasi Mobirise yang baru ini,   bisa dilakukan juga dengan cara copy paste. Ingat !!! yang di copas hanya kontenya saja, bukan templetnya/html. 

    Cara Menggunakan Mobirise

    Bila anda sudah biasa menulis di blog, pasti tidak akan bingung saat menggunakan Mobirise. Aplikasi gratisan ini mudah digunakan dan ringan saat di gunakan. Untuk menggunakan Mobirise, anda kudu punya email dulu atau gunakan alamat email yang sudah ada. Berikut langkah-langkah cara mendesain web dengan Mobirise via  PC


    • Download Mobirise di https://mobirise.com/,  bila anda mengunakan android bisa di unduh di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobirise.mobirise
    • Pilih sesuai OS pc yang anda gunakan. Apakah Windows atau Mac, lalu klik download.

    •  Setelah di instal, tampilan Mobirise seperti ini






    • Sebagai langkah pertama, anda tentukan nama "Site" atau situs yang akan anda gunakan nanti. Ingat !! nama blog akan mempengaruhi kata kunci pencarian di gogle, untuk itu perlu di cermati, agar situs anda nantinya cepat diketemukan di google. Jadi,,,,sesuaikanlah  dengan konten yang anda akan isi. Untuk memulai pengaturan nama situs dan email, arahkan kursor ke "Index html" dan klik untuk membuka.   



    •  Pilih Create New Site untuk menulis judul blog anda Sebagai contoh, saya menggunakan nama site "Tips Jalan-jalan" karena akan di isi dengan konten seputar perjalanan tempat wisata. 
    • Selanjutnya pilih "Please, Sign Up" dan isikan alamat email anda.  Setelah mengisi alamat email, anda juga bisa buka "Extension & Themes" dimana ada banyak pilihan theme yang bisa di gunakan, namun kebanyanyakan yang berbayar. Jadi sebaiknya abaikana saja. 
    • Langkah selanjutnya klik tanda Plus di pojok kanan bawah. 
    •  Untuk memilih templet atau tema, anda bisa menscrollnya ke bawah. Seperti gambar dibawah ini, saya memilih templet bawaan Mobirise.
    •  Untuk mengatur warna atau mengganti background. Klik gambar gerigi, dan klik gambar yang ada seperti petunjuk arah panah. Gambar background ambil dari komputer anda. Anda juga bisa mencoba dengan menggeser fitur Show Title, Show Text, Show Button dll sesuai pilihan. 
    • Untuk mengatur menu, mengganti logo mobirise, dan memberi nama Blog,  anda bisa pilih Added dan klik logo

    • Cara mengisi konten. Untuk mulai posting, anda bisa melakukan dengan menghapus kalimat "mobirise website builder" dan ganti dengan judul blog. Dan untuk postingan hapus kalimat "  Create Awesome,,,,,,,,,,,,," dan isi dengan konten. Atur warna hurup, jenis font dan size nya agar kelihatan menarik. 
    •  Bila selesai, anda bisa klik  ikon Mata (Preview in Browser) untuk melihat sementara blog bila tampil di internet. Anda bisa pilih juga  ikon Mobile View, Tablet View atau Dekstop View. 
    • Selesai ??. Nah sekarang anda tinggal upload blog anda. Untuk upload, anda klik  saja Publish. Nanti ada pilihan seperti gambar di bawah ini :


    • Dalam contoh gambar, semua data blog saya simpan di Komputer, yaitu di drive F dengan nama folder Templet. Anda bisa menyimpan semua data sesuai pilihan anda tentunya. Apakah mau di hardisk, FTP Server atau di Google Drive. Untuk menyimpan di hardisk pc, anda buat folder dulu agar tidak lupa menyimpan nantinya, atau terhapus tidak sengaja. 
    • Setelah beres, klik Publish. Kini blog anda pun bisa dilihat secara nyaman oleh pengunjung dengan smartphone, tablet atau komputer.

    Sebenartnya banyak fitur-fitur yang tidak di bahas disini karena keterbatasan tempat, jadi anda bisa mencobanya fitur lain sesuai selera anda.

    SEMOGA BERMANFAAT !!!



    1 comment:

    1. ini untuk meperkecil ukuran gmbr di mobirise bagaimana pak?

      ReplyDelete