• LAZADA EVERMOS TOKOPEDIA SHOPPE TIKTOK

     

    MINAT PUNYA RUMAH DI BANDUNG ?

    tips membuka usaha servis komputer



    Bagi kamu yang  berniat membuka service komputer ataupun laptop, peluang usaha ini masih sangat luas. Tidak sembarang orang  bisa memperbaiki komputer yang bermasalah. Perlu pengetahuan, pengalaman yang baik akan jeroan komputer  hardware ataupun software.
    Punya hobi  "ngoprek" komputer baik hardware maupun software, bisa dijadikan dasar untuk buka usaha jasa service komputer . Memang perlu petimbangan ketika kita akan membuka jasa perbaikan, bukan jasa perbaikan komputer saja, tetapi jasa perbaikan pada umumnya. Karena ini menyangkut layanan kepuasan konsumen. Konsumen pasti akan kecewa hanya gara-gara layanan yang kita berikan kurang memuaskan mereka.

    Membuka jasa perbaikan komputer ataupun laptop, diperlukan pengetahuan yang baik. Sebab perkembangan komputer (hardware/software) sangat dinamis. Produk baru setiap bulan akan bermunculan, sehingga kitapun perlu meng-updatenya.  Membuka layanan jasa perbaikan komputer/laptop, bisa dilakukan dengan menyewa tempat di lokasi yang strategis, ataupun dirumah. Bagi pemula saya sarankan jangan ragu untuk membuka peluang yang satu ini jika memang pengetahuan kita dan lokasi tempat servis kita memungkinkan. Artinya, pengetahuan kita akan komputer agak lumayan, serta lokasi tempat kita praktek jauh dari lokasi perbaikan serupa yang jauh lebih komplit dan berpengalaman.

    Berikut beberapa layanan servis komputer yang sering diminta konsumen :
    • Inul atau instal ulang sistem operasi. Untuk melakukan inul (instal ulang), yang perlu disiapkan selain pengetahuan  bagaimana cara melakukan inul, tentu saja cd/dvd instalasinya. Lengkapi cd instalasi secara komplit, mulai windows XP, windows 7, windows 8 dan windows 10. Kalau memang   kita tahu akan linux, itu lebih baik. Namun jarang diminta konsumen. Sama seperti windows vista, yang hampir jarang dipakai. Ingat ! lakukan verifikasi OS agar tidak trial sehingga  konsumen tidak kecewa.
    • Hilangkan Virus. Adakalanya walaupun tersedia anti virus di pc atau laptopnya, konsumen terkadang kurang faham bagaimana cara menghilangkan virus tersebut. Nah bagi kamu, ini menjadi peluang juga. Sediakan anti virus ter-upadate dan terbaik menurut pengalaman kamu. 
    • Kembalikan Data/ Recovery Data. Data hilang akan menjadi masalah besar, apalagi data tersebut sangat penting. Sediakan aplikasi pengembali data atau data recovery yang bagus. Memang aplikasi data recovery yang  jitu adalah aplikasi data recovery yang berbayar. Kamu bisa mengakalinya dengan yang gratisan saja atau nekad cari crack/keygen software data recovery yang berbayar. Ini tergantung pilihan kamu.
    • Pembelian sparetpart. Walaupun jasa yang kita layani hanya servis, sering terjadi konsumen memerlukan sparepart. Kalau itu memungkinkan , kita  bisa sediakan sparepart. Tapi kalu dana kurang, kita bisa mengumpulkan sparepart dari bekas perbaikan. Sepeti RAM  atau Hardisk.
    • Perbaikan komputer secara umum. Nah jasa  ini yang paling banyak diperlukan konsumen, dimana secara garis besar pc atau laptopnya tidak bisa hidup dengan ciri-ciri windows tidak tampil di layar monitor. Untuk memperdalam perbaikan ini, kita perlu pengetahuan serta pengalaman. Tapi tenang saja, pengalaman/pengetahuan dalam perbaikan komputer bisa bertambah seiring semakin seringnya kita men-oprek jeroan hardware dan software pc. Jadi jangan takut untuk mencoba, yang penting mau belajar dan belajar. Gunakan media internet sebagai serapan ilmu belajar servis komputer/laptop. 

    Hardware dan Software yang diperlukan jasa perbaikan komputer. 
    • Sediakan seperangkat komputer. Komputer ini berguna sebagai "gudang" menyimpan data-data / file - file mentahan seperti operasi system maupun driver serta aplikasi untuk di instal di komputer konsumen sebagai bagian dari layanan kita. Terkadang, komputer ini juga dipakai bila ada konsumen yang ingin memperbaiki hardisk seperti bad sector.   
    • DVDROOM atau biasa juga disebut DVDDRIVE.  Untuk melakukan proses inul (instal ulang), tentu saja perangkat DVDroom sangat diperlukan. Karena kadangkala konsumen tidak melengkapi komputernya dengan dvdroom. Gunakan dvdroom yang bagus dan berkondisi sangat baik. Ada dua jenis yang lumrah digunakan, yaitu dvdroom SATA dan ATA. Jadi lengkapi keduanya.  Jangan lupa, sediakan flasdisk bootable bermacam-macam OS sebagai alternatif kalau memang ketika akan melakukan inul dari perangkat flashdisk. Ini juga sangat penting jika ada konsumen yang ingin melakukan serupa pada netbook
    • Driver. Setelah proses instal ulang, perangkat  yang diperlukan adalah driver. Kita bisa simpan driver di cd ataupun flashdisk. Agar mudah saat digunakan, pakai aplikasi DriverPack terbaru yang berisi kumpulan driver. Sehingga kita tidak bergonta-ganti cd driver atau malah cari-cari dulu di internet. Banyak penjual yang menawarkan CD instalasi  serta Driver dalam bentuk DVD/CD. Kita perlu untuk  memilikinya.
    • Aplikasi standar . Pada umumnya setelah di instal ulang,layanan aplikasi yang  diinstal setelah inul oleh tukang servis (dan harga biasanya satu paket dengan biaya inul) adalah : MS Office,  Corel Draw, Photoshop, Anti virus, pembuka file PDF (adobe reader),  Winrar, pemutar musik, game standar dan aplikasi lain sesuai kelengkapan dan kebaikan hati si tukang servis. Dan ini tentu saja harus dilengkapi. 
    • Layar monitor. Hal pertama untuk melakukan diagnosa kerusakan komputer adalah menyambungkan antara perangkat komputer dengan monitor. Dan tentu saja layar monitor mejadi kelengkapan vital bagi kita yang akan membuka servis komputer.
    • PS atau Power Supply. Siapkan power supply husus untuk layanan perbaikan. Sebab sering konsumen yang akan melakukan perbaikan hanya membawa motherboardnya saja. PS juga di perlukan untuk mencari kerusakan lain yang disebabkan karena PS bawaan pelangan lemah atau malah mati.
    • RAM atau memori. Lengkapi memori (RAM) mulai DDR, DDR2,DDR3 dan seterusnya yang berkondisi bagus. Ini berguna untuk melakukan test error apabila RAM bawaan pelanggan adalah penyebabnya.
    • Kabel data. Ada 2 jenis kabel data yang sering digunakan. Yaitu jenis IDE dan SATA. Sediakan alat ini sebagai kelengkapan pada proses perbaikan.
    • VGA CARD atau kartu grafis. Ini kita gunakan untuk melakukan test error yang diduga terjadi kerusakan pada  VGA bawaan pelangan. Siapkan VGA dengan jenis PCI dan PCI Express. Ini memang tidak bisa mendiagnosa serta  menyimpulkan kerusakan pada VGA, karena adakalanya, motherboard milik konsumen tidak suport dengan VGA kita. Tapi setidaknya kita bisa menemukan sumber masalah yang sebenarnya.
    • Pc Analyzer Card/Motherboard Tester. Alat ini sangat penting bagi kita yang akan membuka layanan jasa servis komputer. Karena dengan alat ini, secara cepat bisa mendiagnosa kerusakan pada motherboard maupun alat- alat yang terhubung dengan motherboard seperti RAM ataupun VGA. Dan tentu saja kita harus bisa membaca setiap kode angka yang tertera pada angka 4 digit yang muncul saat digunakan. Alat ini sangat mudah digunakan, harganya bervareasi mulai 50 ribu sampai 150 ribuan
    • Sound PC. Ini digunakan untuk memastikan bahwa perangkat audio baik hardware maupun software berjalan dengan baik. Gunakan yang standar saja jangan bagus-bagus ataupun mahal. 

    Kelengkapan lainya untuk membuka service komputer diantaranya :
    • Akses internet. Usahakan kita punya akses internet. Karena akses internet sangat membantu untuk lancarnya usaha kita. Misalnya mencari solusi perbaikan yang belum kita fahami di mbah google, bergabung dengan komunitas servis komputer untuk sekedar sharing dan mencari pengalaman baru, update info terbaru hardware dan software, mencari perlengkapan/sparepart yang belum kita punya dan lain sebagainya. Bila memang tempat kita jauh dari jaringan kabel speedy/indihome, kita bisa menggunakan handphone.
    • Pasta/Thermal Paste. Pasta  sering digunakan sebagai pendingin prosesor. Ada berbagai jenis pasta yang beredar dipasaran. Mulai yang berharga murah maupun mahal. Kita bisa menyediakan dengan membeli di toko komputer.
    • Koas/Sapu Koas. Tidak spesipik jenis koas buat membersihkan komponen komputer.  Jadi kita bisa gunakan sapu koas sama persis seperti koas yang digunakan oleh tukang cat tembok.
    • Kelengkapan lainya yang tidak kalah penting adalah alas. Gunakan karpet untuk alas tempat servis kita. Ini gunanya untuk meredam efek kejut listrik (ground) saat melakukan perbaikan. 
    • Obeng magnet (min plus), tang, baut-baut cadangan juga sangat penting disediakan.  
    • Buku catatan serta bon pembelian. Untuk tertib dalam hal administrasi, buka catatan diperlukan untuk menyimpan/mencatat hal-hal yang diperlukan. Bon pembelian jika konsumen meminta pakai bon.
    • Serta peralatan lain yang bisa ditambah/diperlukan  seiring dengan berjalanya usaha buka layanan servis.
     Harga jasa perbaikan komputer laptop.
     Untuk patokan harga jasa kita, kita bisa sesuaikan dengan tempat dimana kita buka usaha. Karena tentu saja harga perbaikan akan berbeda sesuai kondisi. Misalnya, harga perbaikan dengan layanan yang sama di kota besar, akan berbeda dengan di kota kecamatan.

    Berikut contoh harga jasa perbaikan komputer yang sering diterapkan para tukang servis komputer laptop
    • Inul Komputer : Rp. 75 ribu - Laptop 100.000 (Ini sudah termasuk instal aplikasi standar yang disebutkan tadi di atas.
    • Remove virus Rp. 30 ribu - 45 ribu
    • Recovery Data  Rp. 30 ribu - Rp. 60 ribu. Ini bisa disesuaikan dengan besaran file data yang akan direcovery, semakin besar file data (hardisk) akan semakin lama dalam proses recoverinya. Jadi disini kamu bisa menyesuaikan harganya.
    • Untuk perbaikan  komputer sampai normal kembali karena terjadi kerusakan pada komponen RAM/VGA/Hardisk dan tanpa teradi pergantian sparepart  Rp. 30 ribu - 50 ribu.
     Perlu kita ketahui, pelayanan yang baik   kepada konsumen akan mempengaruhi maju tidaknya usaha kita. Berikut beberapa keluhan konsumen pada jasa perbaikan komputer laptop :
    • Lama dalam proses perbaikan. Ini adalah yang sering dijumpai dilapangan, dimana konsumen harus menunggu lama proses perbaikan sampai selesai. Tidak jarang mereka (konsumen) harus menunggu 2 atau 3 hari, padahal servis yang diperlukan dalam ketegori servis  ringan. Nah ini yang kita harus hindari. Dahulukan perbaikan pada konsumen yang lebih awal datang.
    • Mematok harga tinggi tanpa sebelumnya memberi tahu konsumen. Agar ini tidak terjadi, kita bisa memberi tahu perkiraan harga di awal. Tapi kalau memang harus melalui diagnosa dulu dan itu menunggu proses yang lama, gunakan media telepon untuk menghubunginya.
    • Sparetpart tertukar. Beri tanda pada komponen yang kita lepas sesuai kelengkapan bawaanya. Jadi jangan tertukar dengan komponen komputer laptop milik pelanggan lain. 
    • Operasi Sytem dan software yang belum di verifikasi. Kasus ini sering dijumpai, dimana setelah pemakain sekian lama, tiba-tiba OS dan software lainya yang diinstal tiba-tiba jadi trial. Sehingga konsumen datang lagi dan protes akan hal ini. 

    Demikian  catatan  sederhana untuk  kamu yang ingin membuka layanan servis komputer/laptop. Bagi kamu pemula yang ingin mencoba, jangan takut untuk memulai. Jadikan layanan perbaikan komputer  ini menjadi hobi.

    Semoga bermanfaat !!

    JASA PASANG INDIHOME CIANJUR
    TELEPON SAJA : 0857 9876 5855

    1 comment: